Senin, 16 Januari 2017

LINGKUNGAN SEHAT PMR SPENZARIE

PMR SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA

Lingkungan merupakan hal penting yang harus kita perhatikan bersama sama. menjaga lingkungan berarti sama saja kita menjaga kesehatan kita. Dalam menjaga lingkungan sangat di butuhkan partisipasi dari seluruh masyarakat. Bukan untuk kepentingan pribadi namun untuk menaga kesehatan semua orang. Ada banyak penyakit yang timbul akibat lingkungan tercemar, antara lain timbulnya penyakit pernapasan akibat asap kendaraan bermotor, penyakit yang di timbulkan dari gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdara, cikungunya dan sebagainya, gangguan pencernaan akibat makanan yg tidak steril, penyakit kulit, dll. Maka dari itu sangat di perlukan penanganan yang serius agar hal tersebut dapat dihindari.
PMR SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA

Kendaraan bermotor merupakan salah satu dari beberapa hal yg berkontribusi besar dalam mencemari udara. Lihat di kota- kota besar seperti di Jakarta yg memiliki puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan kendaraan yg melintas setiap harinya membuat udara yg dihirup bukanlah udara segar lagi melainkan asap kendaraan yg sangat berbahaya bagi manusia.
PMR SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA

Oleh karena itu di butuhkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi permasalahan ini. Bentuk kesadaran yg di maksud adalah mengurangi penggunaan kendaraan dan berganti menggunakan angkutan umum yg telah banyak disediakan oleh pemerintah. Dengan begitu pencemaran udara akan berkurang meski hasilnya tak selalu instan dan di butuhkan proses di dalamnya. Pembangunan taman yg difungsikan sebagai paru paru kota juga dapat mengurangi pencemaran udara. Hal ini jelas membutuhkan partisipasi dari masyarakan maupun pemerintah.
PMR SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA

Gotong royong dan kerja bakti pada dasarnya merupakan bentuk kegiatan yg sudah lama ada dan sangat lekat dengan bangsa indonesia. Bentuk dari kegiatan gotong royong dapat berupa pembuatan penampungan sampah dan sebagainya. Sedangkan untuk kerja bakti merupakan kegiatan bersih bersih lingkungan yg di lakukan oleh seluruh anggota masyarakat tanpa terkecuali. Kerja bakti dapat dibuat terjadwal misalnya 1 bulan sekali tergantung dari kesepakatan bersama. Kerja bakti sangat efektif untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Selain itu gotong royong dan kerja bakti juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat.

PMR SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA
Dwi Sarifatul Mila
Regu Diponegoro
Kelas 7D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar